Warga Bodetabek Cukup Tunjukan E-KTP Saat Masuk Jakarta

    0
    139

    beda berita – Pengecekan surat izin keluar masuk (SIKM) untuk masuk DKI Jakarta terus dilakukan Pemprov. Hal itu diungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo.

    Namun, kata dia, warga Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) yang akan bekerja ke Jakarta tidak perlu memiliki SIKM.

    “Mereka cukup menunjukkan e-KTP bahwa dia warga Bogor, misalnya, ya silakan masuk,” kata Syafrin di Jakarta, Kamis (11/6/2020).

    Dia menjelaskan bila saat dilakukan pengecekan dan warga Bodetabek tidak dapat menunjukkan identitasnya maka petugas akan meminta SIKM. Syafrin menyebut warga tersebut pun akan dilarang masuk wilayah Jakarta bila tidak dapat menunjukkan KTP elektronik ataupun SIKM.

    “Jadi kalau tidak memiliki SIKM lagi ya mohon maaf, silakan putar balik,” ucapnya.

    PENGAWASAN PSBB DI PERBATASAN DEPOK-JAKARTA: Pengendara melintasi plang tanda check point pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta yang sepi dari pengawasan petugas di fly over UI perbatasan Depok-Jakarta, Jumat (24/4/2020). Pengawasan PSBB DKI Jakarta di check point fly over UI tidak ketat karena petugas kadang meninggalkan pos jaga mengawasi pengendara. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang masa penerapan PSBB di DKI Jakarta hingga 22 Mei 2020. FOTO: MI/ BARY FATAHILAH

    Pembatasan dan Pengecekan

    Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta tetap melakukan pembatasan dan penyekatan di sejumlah titik perbatasan dengan Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

    Pembatasan itu guna dilakuan pengecekan surat izin keluar masuk (SIKM) pada pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

    Untuk mendukung aktivitas ini, Pemprov mendirikan sejumlah tempat check point.

    “Pemeriksaan tersebar di 36 pos check point di wilayah Jakarta, satu pos di Bandara Soekarna Hatta, Stasiun Gambir, Pelabuhan Tanjung Priok, dan di Terminal Pulogebang,” kata Syafrin dalam keterangan tertulis, Rabu (10/6/2020).