Malaysia Lacak 5 Ribu Warga Terpapar Corona Di Italia

0
1238

Beda berita – Jumlah kasus virus Corona di wilayah Italia terus bertambah dan kini melampaui 12 ribu orang. Untuk mencegah penyebaran virus ini, otoritas Malaysia melacak 5 ribu warga yang ikut acara tablig di Selangor.

Otoritas Malaysia menyatakan bahwa satu warga Brunei Darussalam dan satu warga Malaysia yang ikut acara tablig itu dinyatakan positif virus Corona. Setidaknya 10 ribu orang dari berbagai negara dilaporkan hadir dalam acara keagamaan yang digelar di Masjid Seri Petaling di Selangor pada akhir Februari lalu.

Pelacakan pun dilakukan otoritas Malaysia untuk mencegah penyebaran wabah ini.

Jumlah kasus virus Corona yang semakin bertambah di Italia mendorong otoritas setempat menutup seluruh toko, kecuali apotek dan toko bahan makanan. Langkah ini diumumkan setelah otoritas Italia memberlakukan lockdown secara nasional demi mencegah penyebaran virus Corona.

Hingga Kamis (12/3) petang waktu setempat, total 126.172 orang dinyatakan positif virus Corona di lebih dari 120 negara. Jumlah korban meninggal mencapai 4.632 orang secara global.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Rabu (11/3) sore, menetapkan wabah virus Corona sebagai sebuah pandemi. Istilah pandemi pada dasarnya merujuk pada penyebaran sebuah penyakit, bukan potensi atau seberapa mematikannya penyakit itu.

Biasanya, istilah pandemi disematkan pada penyakit yang menyebar luas hingga ke beberapa negara atau benua, dan berdampak pada banyak orang. Penyakit yang dijuluki pandemi juga harus merupakan penyakit menular, dengan aktivitas penularannya terus berkelanjutan dan jelas terjadi penularan antar manusia secara luas.