Peningkatan Pendapatan Mitra Keluarga Go-Jek Melalui Swadaya Berwirausaha

0
391

Perusahaan Startup jasa layanan Go-Jek melakukan swadaya berwirausaha bagi para istri driver. Yaitu melalui pelatihan memasak yang merupakan bagian dari program peningkatan pendapatan mitra keluarga Go-Jek.

“Tujuan Gojek Swadaya adalah meningkatkan kapabilitas, kompetensi serta potensi peningkatan pendapatan mitra driver dan keluarganya. Salah satu programnya adalah pelatihan ini,” kata VP Region Ops & Jabodetabek Gojek Gede Manggala dalam keterangannya, Minggu (9/2).

Pembinaan dilakukan langsung oleh salah satu chef terkenal di dunia kuliner yaitu chef Bara Pattiradjawane. Lebih dari 2.300 keluarga mitra mengikuti pelatihan Gojek Swadaya dan telah terbukti dapat meningkatkan penghasilan keluarga Rp 1-4 juta tiap bulannya.

“Bahkan, di Tasikmalaya ada yang berhasil meraih omzet hingga Rp 20 juta perbulan setelah mengikuti pelatihan ini,” ungkapnya.

Selain kelas itu, melalui program Gojek Swadaya isteri keluarga mitra driver juga akan diajarkan berbagai keterampilan lain seperti kelas memotret makanan agar terlihat menarik. Hingga kelas pemasaran yang dikombinasikan dengan metode pelatihan Gojek Wirausaha.

Upaya Memaksimalkan Pelaku UMKM Di Dunia Digital

Menurutnya, Gojek Wirausaha adalah program pelatihan berbisnis yang diberikan oleh Gojek kepada pelaku industri UMKM dalam bentuk kelas tatap muka. Program ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis agar para pelaku UMKM di seluruh Indonesia bisa menjadi naik kelas dengan masuk ke dunia digital.

“Mengkombinasikan metode pelatihan yang efektif dari Gojek Wirausaha, para expert serta kelebihan fitur dalam ekosistem Gojek, kami harap semakin banyak mitra driver dan keluarga yang merasakan manfaat,” tuturnya.

Melalui pembekalan berbagai keahlian tersebut, mereka kemudian dapat bergabung ke dalam ekosistem Gojek dengan menjadi merchant GoFood, GoPay ataupun GoSend sehingga mereka dapat mengembangkan bisnis lebih jauh lagi.

Ia juga mengungkapkan lebih jauh, pihaknya juga melakukan pendampingan dan memberikan dukungan yang diperlukan selama 3 bulan setelah pelatihan, dengan harapan para peserta pelatihan kewirausahaan dapat terus maju dan lancar dalam berwirausaha.

Sebagai informasi, pelatihan Gojek Swadaya telah diadakan di kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung, Palembang, Surabaya, Serang dan kini Jabodetabek. Selain pelatihan memasak, Gojek Swadaya juga menghadirkan kelas Bahasa Inggris bagi anak mitra.

Gojek berharap dapat terus mengembangkan program ini menjangkau lebih banyak lagi keluarga mitra driver di Indonesia.

Gojek Swadaya merupakan inisiatif khusus mitra driver yang punya berbagai program tepat sasaran, menjembatani para mitra driver untuk mengakses ragam layanan agar mitra driver dan keluarganya bisa semakin meningkatkan taraf hidupnya.

Saat ini lebih dari satu juta mitra telah menerima manfaat program-program Gojek Swadaya, termasuk mitra driver dan keluarganya di 66 kota di seluruh Indonesia.