BNPB : Akar Wangi Disebut Solusi Atasi Longsor Hutan Gundul

0
307

Beda berita – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo mengatakan penanaman vertiver alias akar wangi menjadi solusi untuk mencegah longsor di kawasan hutan yang gundul.

Demikian jawaban Donin atas pertanyaan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) soal pencegahan longsor dalam penerbangan meninjau korban banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/1).

“Pak Doni, apa yang harus dilakukan (untuk mencegah longsor),” kata Jokowi dalam keterangan tertulis BNPB.

“Kembalikan fungsi lahan dengan menanam vertiver, Pak Presiden,” jawab Doni.

Vertiver atau akar wangi adalah tanaman sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini termasuk dalam famili poaceae, dan masih sekeluarga dengan sereh atau padi.

Sekalipun berjenis rumput, vertiver memiliki akar yang menghunjam hingga kedalaman 2 sampai 2,5 meter. Doni menilai vertiver menjadi pilihan terbaik untuk ditanam di lahan bekas Hak Guna Usaha (HGU) yang telah gundul tanpa reboisasi.

“Ribuan lokasi bekas HGU, pohonnya sudah ditebangi dan ditinggal begitu saja,” ujar mantan Pangdam Siliwangi tersebut.

Doni menjelaskan rongga tanah rentan longsor karena sisa-sisa akar pohon yang ditebang dan kemudian membusuk saat hujan turun dengan intensitas tinggi. Rumah penduduk dengan mudah dan singkat akan dilumat arus lumpur longsoran yang deras.

Menurutnya, akar wangi adalah pencegah longsor terbaik.

“Bioteknologi vertiver sudah diuji coba dan mendapat pengakuan World Bank bahkan PBB. Di banyak tempat dan negara, tanaman ini sudah dikenal luas sebagai tanaman pencegah longsor,” tutur pria yang juga pernah memegang jabatan Danjen Kopassus tersebut.

Mendapat penjelasan dari Doni, Jokowi langsung memerintahkan jenderal bintang tiga itu agar segera melakukan penanaman akar wangi di area hutan yang gundul, khususnya di lereng-lereng pegunungan.