Konser Akbar Monas 2019 Hadirkan Musik Klasik Outdoor GRATIS

0
170

Jakarta – Pelataran Monumen Nasional akan menjadi tempat pementasan terbuka untuk konser musik klasik. Lokasi penyelenggaraannya, di Lapangan Tenggara Silang Monas, Jakarta Pusat, pada Minggu, 8 September 2019. Acara yang dinamai Konser Akbar Monas bertema ‘Jakarta Bersorak!!’ dimulai pukul 18.30.

Konser ini diadakan oleh Jakarta Simfonia Orchestra (JSO) dan Jakarta Oratorio Society (JOS). Adapun repertoar yang akan dibawakan di antaranya karya Wolfgang Amadeus Mozart, Strauss, Franz von Suppé, Gioachino Antonio Rossini, dan Ludwig van Beethoven. Repertoar dari Beethoven yang akan dimainkan adalah Simfoni Nomor 9, bagian 4, Ode to Joy.

“Kami berharap ini konser musik klasik yang pertama di luar ruangan. Acara ini gratis untuk warga menikmati musik yang indah,” kata Ketua Panitia Konser Akbar Monas Timothy Siddik saat jumpa media, Rabu, 4 September 2019.

Konser musik klasik di Indonesia, umumnya dipentaskan dalam ruangan. Namun, kali ini, area terbuka menjadi tempat konser musik klasik. “Tujuan kami memperkenalkan musik yang baik untuk warga Jakarta. Suatu momentum untuk memulai sesuatu hal yang baik terutama musik bermutu,” ujarnya.

Timothy menjelaskan, bila di mancanegara pementasan musik klasik sudah umum diadakan di luar ruangan. Ia mencontohkan pementasan musik klasik di luar ruangan di Central Park, New York. Ada pula pementasan di Hollywood, Los Angeles. Sedangkan di Berlin, musik klasik dipentaskan di Gendarmenmarkt dan Waldbühne. Adapun di Asia Tenggara, Singapura juga mementaskan musik klasik di Singapore Botanic Gardens.