15 Orang Diamankan Terkait Pembakaran Anggota Polisi Di Cianjur

0
113

Demonstrasi di depan Pendopo Cianjur, berakhir tragis. Tiga anggota polisi dibakar. Saat ini 15 orang sudah diamankan.

“Ada 15 yang ditangkap masih dimintai keterangan di Mapolres Cianjur,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (15/8).

Anggota polisi yang terbakar itu ialah Aiptu Erwin anggota Bhabinkamtibmas Polsek Cianjur, Bripda Yudi Muslim dan Bripda F.A Simbolon anggota Sabhara Polres Cianjur.

Anggota Polisi Terbakar di Tengah Aksi Demo. ©2019 Merdeka.com

Truno menyatakan, bahwa proses penyelidikan dalam proses penyidikan ini sudah jelas mengandung unsur pidana. Saat ini, sudah ada 15 orang yang dimintai keterangan terkait insiden ini. Selain itu, pihak kepolisian mengamankan barang bukti berupa ban yang dibakar dan pakaian seragam polisi yang terbakar.

Peristiwa itu terjadi saat masa aksi yang mengatasnamakan Organisasi Cipayung Plus itu membakar ban disela demonstrasi. Melihat hal itu, Erwin berinisiatif untuk memadamkan api.

Kala berupaya memadamkan api, ada sejumlah orang dari massa aksi diduga menyiram bahan bakar ke arah Erwin. Hal tersebut membuat tubuh Erwin terbakar.

Sesama anggota menolong polisi yang dibakar hidup-hidup saat mengamankan sebuah aksi unjuk rasa mahasiswa.

Melihat ada anggota polisi yang terbakar, dua anggota polisi lainnya, yakni Yudi Muslim dan F.A Simbolon anggota Sabhara Polres Cianjur memadamkan api yang menyelimuti tubuh Erwin.

“Keduanya juga sama mengalami luka, saat akan membantu memadamkan api pada tubuh Aiptu Erwin. Saat ini juga sudah dalam penangan medis,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (15/8).

Organisasi Cipayung Plus diketahui merupakan gabungan dari beberapa kelompok mahasiswa dan kepemudaan. Diantaranya GMNI, PMII, HMI, HIMAT, CIF, IMM, PD Hima Persis Cianjur. Aksi demonstrasi dilakukan terkait tuntutan soal lapangan pekerjaan dan menyikapi juga soal pendidikan.