Gerhana Bulan Terakhir di tahun 2019

0
72

Gerhana bulan terakhir di tahun 2019 akan terjadi rabu ini. Beruntung, sebagian besar manusia di berbagai belahan dunia bisa mengamatinya, termasuk Indonesia.

Walau gerhana bulan sebagian adalah fenomena yang kerap disaksikan, gerhana kali ini istimewa sebab setelah malam ini, kita harus tunggu lama untuk menyaksikanya lagi. Setidaknya dua tahun ke depan kita dapat menyaksikan fenomena alam tersebut.

Gerhana bulan terakhir tahun ini akan terjadi pada Rabu dini hari di Indonesia dengan durasi sekitar 2 jam 58 menit. Fenomena gerhana bulan bisa diamati dari Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Asia dan Australia.

Berdasarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gerhana bulan sebagian kali ini akan dimulai pada Rabu pukul 3.01 WIB dini hari. Sementara puncak gerhana bulan sebagian akan terjadi pada pukul 4.30 WIB dan usai setelah fajar menyingsing, pada pukul 6.00 WIB. Total waktu gerhana bulan sebagian adalah 2 jam 58 menit.

Untuk Asia Tenggara, gerhana bisa dilihat dari sebagian besar Indonesia tapi dalam kondisi tak sempurna. Ini karena gerhana berlangsung saat Matahari dalam proses terbit.

Namun karena di Indonesia gerhana bulan sebagian terjadi saat matahari akan terbit, maka durasi gerhana bisa berbeda antara satu wilayah dengan lainnya Sebagai contoh, Jakarta bisa mengalami durasi gerhana kasatmata yang ideal, yakni 2 jam 58 menit karena terbitnya Matahari baru akan terjadi pada pukul 06:05 WIB.