4 Hal Wajib Dilakukan Saat Memilih Lembaga Penyedia Pinjaman

    0
    78

    Dalam hidup, terkadang keadaan terdesak tak dapat dihindari. Kondisi kritis finansial bisa melanda siapa saja, kapan saja. Jika hal tersebut terjadi kepada Anda, ambil lah keputusan bijak dengan kepala dingin.

    Salah satu solusi dari kondisi keuangan kritis adalah dengan melakukan pinjaman. Meminjam uang tidak selamanya buruk. Meminjam uang dapat menjadi hal positif apabila dilakukan dengan bijak. Selain itu, meminjam uang pada penyedia pinjaman terpercaya juga akan membuat Anda terhindar dari penipuan atau pinjaman dengan bunga yang tidak masuk akal.

    Saat ini ada begitu banyak pilihan lembaga penyedia pinjaman yang bisa digunakan. Bukan hanya lembaga pinjaman konvensional, fintech lending yang memungkinkan Anda untuk meminjam uang dengan cepat melalui smartphone pun sudah menjamur. Jangan khawatir salah pilih, karena kami akan memberi tips agar Anda dapat memilih penyedia pinjaman dengan lebih cermat.

    Terdaftar di OJK

    OJK atau Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan lembaga keuangan. Biasanya, lembaga penyedia pinjaman yang terdaftar di OJK sudah teruji kredibilitasnya, karena sudah diperiksa dan diawasi dengan saksama.

    Karenanya, pilihlah penyedia pinjaman yang sudah terdaftar di OJK. Anda bisa melihat lembaga-lembaga yang sudah terdaftar di laman web resmi OJK.

    Pilih Lembaga dengan Kredibilitas Baik

    Selain terdaftar di OJK, kredibilitas lembaga penyedia pinjaman juga harus diperhatikan. Dengan mudahnya akses internet, Anda bisa mencari informasi apakah sebuah lembaga pinjaman pernah terjerat kasus atau ternyata memiliki reputasi kurang baik. Lembaga penyedia pinjaman dengan kredibilitas baik tentunya memiliki rekam jejak yang baik pula.

    Anda juga bisa bertanya kepada teman atau saudara yang sudah menggunakan layanan pinjaman mengenai testimoni mereka meminjam di sebuah lembaga penyedia pinjaman tertentu.

    Jangan Tergiur Limit Tinggi

    Lembaga penyedia pinjaman yang menyediakan limit pinjaman tinggi memang menggiurkan. Namun, jangan hanya tergiur oleh satu faktor saja saat menentukan lembaga penyedia pinjaman. Anda juga harus memerhatikan syarat dan ketentuan lainnya dengan cermat dan saksama.

    Selain itu, pertimbangkan juga jumlah pinjaman yang akan diambil. Pinjamlah uang sesuai dengan kebutuhan Anda. Meminjam uang lebih dari yang dibutuhkan bisa membuat Anda boros bahkan dapat berujung ke pengelolaan finansial yang buruk.

    Perhatikan Bunga dan Jangka Waktunya

    Saat melihat syarat dan ketentuan dari lembaga penyedia pinjaman, bunga dan jangka waktu adalah dua faktor yang penting untuk diperhatikan. Pilihlah penyedia pinjaman dengan bunga yang reasonable dan jangka waktu yang terjangkau. Ingatlah bahwa dengan meminjam uang Anda memiliki kewajiban untuk membayarnya nanti.

    Dengan menerapkan tips-tips di atas, semoga Anda akan lebih bijak dalam memilih lembaga pengelola pinjaman.