Tahukah Anda Peristiwa Penting Apa Saja Yang Diperingati di Bulan Mei ?

0
295
Source : pixabay.com

Selamat datang bulan ke kelima di tahun 2019. Kabar bahagia bagi umat Muslim yang akan memasuki bulan suci Ramadhan yang jatuh pada bulan ini dan mari bersiap untuk mengucapkan selamat ulang tahun pada Meisya, Meida, Meiga, Meilani, dan Mei-Mei lainnya. Selain kabar gembira bagi umat muslim dan bulan ulang tahunnya para Mei-Mei sedunia, beberapa peristiwa penting diperingati juga di bulan Mei, diawali dengan Hari Buruh Sedunia di tanggal 1 dan ditutup dengan Hari Anti Tembakau Sedunia pada 31 Mei. Nah, apa saja peristiwa penting nasional dan internasional yang akan diperingati pada bulan Mei? Mari kita simak..

1 Mei: Hari Buruh Sedunia dan Hari Pembebasan Irian Barat

Hari Buruh Internasional Copyright ©Inikata

Dikutip dari Kolom Opini pada www.kompas.com, sejarah panjang yang melatarbelakangi ditetapkannya tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional adalah demo buruh besar-besaran di Lapangan Haymarket, Chicago pada tahun 1886. Demo besar selama hampir sebulan itu diikuti oleh hampir semua anggota perserikatan buruh “The Knights Labour” yang memperjuangkan kesejahteraan buruh dan pengurangan jam kerja.

Di Indonesia, tanggal 1 Mei baru ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 2013 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada masa jabatan periode keduanya. Peringatan Hari Buruh di negeri ini biasanya diramaikan oleh demo-demo menuntut kenaikan upah dan aksi mogok makan para buruh. Menyuarakan aspirasi memang tidak dilarang ya, guys. Tapi ketertiban dan kedamaian tetap harus dijaga.

Selain Hari Buruh Internasional, tanggal 1 Mei di Indonesia diperingati juga sebagai hari bebasnya Irian Barat dari pemerintah Hindia Belanda yang terjadi pada 1 Mei 1963.

2 Mei : Hari Pendidikan Nasional

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei untuk menghormati hari kelahiran pahlawan pendidikan negeri ini, Ki Hajar Dewantara. Berkat perjuangan beliau, kini tidak hanya anak orang berduit dan keturunan bangsawan yang bisa bersekolah, tapi semua orang tanpa terkecuali. Meski belajar tidak harus selalu di sekolah, tapi menjadi orang berpendidikan itu penting agar tidak terjerumus dalam jurang kebodohan.

3 Mei: Hari Kebebasan Pers Sedunia

ilustrasi gambar Sketsatorial Rappler Indonesia

Pada Sidang Umum PBB tanggal 3 Mei 1993, diputuskan untuk memilih tanggal tersebut sebagai Hari Peringatan Kebebasan Pers Internasional untuk mempertahankan kebebasan media dan menghormati profesi jurnalis yang sering mendapat intimidasi dan kekerasan saat menjalankan tugas.

Sedangkan di Indonesia, Hari Pers Nasional diperingati setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan hari lahirnya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berdiri pada 9 Februari 1946.

8 Mei: Hari Palang Merah Sedunia

Dikutip dari www.wikipedia.org, ditetapkannya tanggal 8 Mei sebagai Hari Palang Merah Internasional untuk menghormati hari lahirnya sang pendiri yaitu Sir Henry Dunant. Palang Merah awalnya didirikan untuk merawat korban-korban perang yang terlantar di kawasan Solferino, Italia di tahun 1859.

15 Mei: Hari Keluarga Internasional

Hari Keluarga Internasional juga ditetapkan melalui Sidang Umum PBB pada tahun 1993. Penetapan Hari Keluarga Internasional ini untuk menghargai pentingnya peran keluarga dan interaksi sosial dengan kehidupan.

Sepakatkah kalian bahwa keluarga memang begitu penting dalam hidup kita? Keluarga adalah orang-orang yang selalu ada saat orang lain justru meninggalkan kita. Namanya terikat hubungan dekat, tentu masalah dengan keluarga paling mudah terjadi. Tapi bisakah kalian hidup tanpa keluarga?

17 Mei: Hari Buku Nasional

Dikutip dari http://www.cnnindonesia.com, Hari Buku Nasional bertepatan dengan hari berdirinya Perpustakaan Nasional pada tanggal 17 Mei 1980.

Buku katanya adalah jendela dunia. Memang hanya dengan membaca buku, kita seperti ‘wisata’ ke tempat lain yang disebutkan dalam buku sekaligus mendapat pengetahuan baru. Banyak sekali tokoh hebat dunia yang dalam kesehariannya suka membaca buku. Bahkan dalam masa pengasingannya, Mohammad Hatta mengatakan, “Aku rela dipenjara asalkan bersama buku. Karena bersama buku aku bebas.”

20 Mei: Hari Kebangkitan Nasional

Selamat Hari Kebangkitan Nasional. (Foto: Twitter @TMCPoldaMetro)

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional diambil dari hari berdirinya gerakan Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini yang menjadi cikal bakal pergerakan melawan penjajahan dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa. Meski sudah dinyatakan sebagai bangsa merdeka, Indonesia masih harus bangkit. Bangkit adalah pergerakan yang harus dilakukan terus menerus tanpa henti untuk menjadi bangsa yang lebih maju lagi dan berkembang.

31 Mei: Hari Anti Tembakau Sedunia

http://www.josstoday.com/img/newsphoto1/2018/05/180531125444_josstoday.jpg

Dikutip dari http://www.wikipedia.org, pada tahun 1987 negara-negara yang tergabung dalam WHO mencetuskan satu hari yang menyerukan para perokok untuk ‘berpuasa’. Sejak ditetapkannya Hari Anti Tembakau ini, mulai banyak gerakan-gerakan bermunculan yang mengecam iklan-iklan rokok atau perdagangan rokok yang mengincar pasar remaja. Peringatan Hari Anti Tembakau ini bisa, loh digunakan cewek-cewek untuk meminta pacar atau suaminya berpuasa sehari saja dari merokok.

Tidak hanya tanggal-tanggal di atas, setiap hari di bulan Mei harus jadi tanggal penting untuk kalian terus berbuat baik dan mengejar mimpi. Jangan menunggu tanggal-tanggal penting untuk menjadikan hari itu penting. Selamat datang, Mei!