Ayo Gunakan Hak Pilih, Jangan Lupa Ke TPS

0
12

Sudah siap untuk ke TPS? Hari ini negara memanggil kita untuk menentukan masa depan Indonesia 5 tahun ke depan. Selama punya hak pilih, kamu bertanggung jawab untuk menggunakan hak suara di TPS.

Pemilu 2019 untuk pertama kalinya dalam sejarah digelar serentak Pileg dan Pilpres, sehingga memunculkan 5 surat suara yang harus dicoblos. Padahal, 2014 lebih mudah karena Pileg dan Pilpres dipisah.

Mari simak tips untuk menggunakan hak pilih di TPS.

Ada tiga jenis kategori pemilih di Pemilu 2019. Termasuk yang mana?

Pertama, Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditandai dengan sudah dapat undangan memilih (form C6) dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Pemilih ini bisa masuk ke TPS pukul 07.00-13.00.

Kedua, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), ditandai dengan form pindah memilih (A5) yang sudah diurus sebelumnya. Ketiga, Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang tidak punya C6 atau A5, bisa mencoblos dengan e-KTP di alamat sesuai e-KTP.

DPTb dan DPK hanya bisa masuk ke TPS satu jam terakhir, pukul 12.00-13.00 dengan catatan surat suara masih ada. Jika surat suara habis, KPPS mungkin mengarahkaan ke TPS terdekat yang masih ada surat suara, atau terancam gagal mencoblos.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network 3 Kategori Pemilih di Pemilu 2019. Foto: Basith Subastian/kumparan

Apa pun kategorimu, wajib bawa e-KTP atau Surat Keterangan (suket) sebagai syarat mencoblos. Ditambah dokumen lain, bagi pemilih DPT membawa surat undangan (C6), bagi yang pindah memilih bawa form A5. Bagi DPK, cukup e-KTP.

Bagaimana jika sudah terdata di DPT tapi belum dapat C6 atau C6-nya rusak? Datang saja ke TPS, C6 itu sifatnya pemberitahuan. Sampaikan kepada KPPS kamu sudah terdaftar di DPT.

Ini yang tidak mudah. Ada 5 jenis surat suara yang akan diterima pemilih, yaitu:

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Ilustrasi Surat Suara Pemilu 2019. Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Bagaimana cara memilihnya?

Capres-cawapres

Coblos salah satu: Joko Widodo-Ma’ruf Amin atau Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Sejumlah petugas melipat surat suara presiden dan wakil presiden Pemilu 2019 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat, Selasa (19/2). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Caleg DPR/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten atau Kota

Wujud surat suara ketiganya sama, hanya beda warna covernya. Saat dibuka, terpampang daftar caleg yang sangat banyak dari 16 partai politik nasional. Masing-masing parpol bisa mencalonkan maksimal 10 caleg.

Tugasnya: Pilih satu caleg saja dari seratusan nama tersebut. Wow, banyak! Bingung? Coblos saja partainya, sehingga suara akan masuk ke partai bukan caleg.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Sejumlah pekerja menyortir dan melipat surat suara di Gedung Eks Bandara Polonia Medan, Sumatera Utara. Foto: Antara/Septianda Perdana

Caleg DPD RI

Wujud surat suara caleg DPD RI berbeda dengan caleg DPR RI/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten atau Kota, lantaran surat suara DPD dilengkapi foto. Caleg DPD bukan dari perwakilan parpol, tapi perwakilan provinsi.

Pilih satu caleg saja.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Surat Suara Pileg DPD RI. Foto: Fadjar Hadi/kumparan

Tips lain: Menentukan pilihan sebelum ke TPS dengan membuat contekan di kertas.

Contekan itu boleh dibawa ke TPS selama ditulis di kertas, karena HP dilarang dibawa ke bilik suara.

Secara sederhana.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network Tata Cara Mencoblos di Pemilu 2019 Foto: Sabryna Putri Muviola

Kapan hasil pemilu akan diketahui? Surat suara akan mulai dihitung saat pemungutan suara selesai pukul 13.00 atau lebih tergantung habisnya pemilih di antrean.

Hasil penghitungan suara di TPS akan direkapitulasi manual berjenjang dari TPS ke kecamatan, lalu dibawa ke KPU Kab/Kota, KPU Provinsi dan terakhir direkap di KPU RI. Pengumuman hasil Pemilu akan diketahui secara resmi tanggal 22 Mei 2019.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Jadi, sudah siap mencoblos?

Ya anggaplah Pemilu memilih pasangan. Pasti kamu akan cari tahu rekam jejak tiap kandidat untuk dipilih satu yang terbaik dan paling pantas. Ayo ke TPS!

Sumber : www.msn.com