Peringatan Hari Musik Nasional Yang Jatuh Pada Tanggal 9 Maret

0
252
WR Soepratman, Bapak Musik Indonesia

Tahu kah kalau setiap tanggal 9 Maret diperingati sebagai hari Musik Nasional? Perayaan ini memang hanya berlaku untuk Indonesia saja, karena di hari lain juga ada peringatan Hari Musik Internasional yang jatuh pada 21 Juni.

Peringatan Hari Musik nasional bertujuan untuk menghargai para musisi sekaligus untuk kemajuan musik di Tanah Air. Tanggal 9 Maret dipilih karena bertepatan dengan tanggal lahir sang maestro sekaligus pencipta lagu Kebangsaan Indonesia Raya, WR Soepratman.

Sebelumnya WR Soepratman telah dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional, berkat karyanya yang menjadi lagu kebangsaan itu. Beliau juga merupakan penggiat musik yang aktif dan merayakan hari musik di tanggal tersebut walau saat itu statusnya masih belum diresmikan pemerintah.

Di tahun 2003, desas-desus tentang akan diresmikan nya hari Musik Nasional telah lama diperbincangkan. Saat itu Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) memberikan usulan kepada Presiden Megawati Soekarnoputri. Akan tetapi usulan tersebut tidak langsung diterima.

Sepuluh tahun berlalu, akhirnya Hari Musik Nasional diresmikan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden No. 10 tahun 2013.

Dalam artikel Kompas.com yang tayang 9 Maret 2013, tertulis bahwa pemerintah ingin meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi para insan Indonesia, serta untuk meningkatkan prestasi yang mampu mengangkat derajat musik Indonesia secara nasional, regional, dan internasional.

Pada Keppres tersebut dijelaskan, musik sebagai salah satu ekspresi budaya yang universal dan mempresentasikan nilai kemanusiaan, serta bisa berperan serta dalam kemajuan pembangunan nasional.

Disebutkan pula, musik adalah ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional, yang mempresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan, serta memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

Dengan diperingati nya Hari Musik Nasional setiap tahun, diharapkan masyarakat Indonesia bisa lebih menghargai dan mendukung karya-karya musisi lokal, termasuk warisan-warisan musik khas daerah.