6 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

0
195
gambar ilustrasibuah kiwi by : google

Seseorang disarankan untuk memasukkan buah ke dalam asupan harian. Salah satu buah yang patut diperhitungkan adalah kiwi. 

Buah yang ditetapkan sebagai buah nasional Selandia Baru ini biasa digunakan sebagai topping kue atau campuran jus.

Mengutip NDTV, United States Department of Agriculture (USDA) menyebut, dalam 100 gram kiwi terdapat 61 kalori, 14,66 gram karbohidrat, 1,14 gram protein, 0,52 gram lemak, dan 3 gram serat. 

Dari kandungan tersebut, diketahui bahwa kiwi mampu memberikan beragam manfaat buat kesehatan.

1. Bantu kontrol tekanan darah
Dalam sebuah studi pada 2011, sekelompok partisipan yang mengalami tekanan darah tinggi diminta mengonsumsi tiga buah kiwi atau satu butir apel sehari. Hasilnya, peneliti menemukan konsumsi kiwi atau apel mampu menurunkan tekanan darah karena komponen antioksidan pada buah. 

Meski demikian, para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi kiwi dalam jumlah moderat. Buah bukan satu-satunya solusi untuk menurunkan tekanan darah. 

“Kiwi bukan buah ajaib, tetapi menambahkan kiwi dalam asupan diet membantu menurunkan tekanan darah,” kata ahli kardiologi di Lenox Hill Hospital, Suzanne Steinbaum, mengutip Medical Daily.

2. Atasi asma
Buah mini dengan kulit agak berbulu ini menyimpan kandungan vitamin C dan antioksidan yang kaya. Kiwi pun bisa membantu mereka pengidap asma.

Studi pada tahun 2000 menemukan, mereka yang mengonsumsi buah segar secara teratur, termasuk kiwi, merasakan dampak positif pada fungsi paru. 

3. Menyehatkan kulit
Pada dasarnya, kiwi merupakan alkali alami sehingga bisa melawan efek makanan asam yang kerap dikonsumsi. Konsumsi kiwi secara teratur dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh sehingga tubuh tetap aktif, penuh energi, serta kulit tampak muda dan segar. 

Vitamin C dan E baik untuk kulit sehingga mencegah munculnya tanda penuaan. Kiwi dapat dikonsumsi secara langsung atau diaplikasikan secara topikal yakni dengan membubuhkan potongan kiwi pada kulit sebagai masker. 

4. Atasi sulit tidur
Jika memiliki masalah tidur, jangan buru-buru mengonsumsi obat tidur. Berdasar riset yang dilakukan oleh Taipei Medical University, kiwi disebut bisa membantu mengatasi gangguan tidur. Ini karena kandungan antioksidan dan serotonin kiwi. Konsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur, niscaya tidur akan terasa nyenyak.

5. Kuatkan sistem imun
Satu cangkir kiwi mampu memenuhi 273 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C penting untuk membangun sistem pertahanan tubuh sehingga tidak gampang sakit. 

Saat tubuh terasa tak nyaman, konsumsi kiwi bisa membantu mencegah timbulnya penyakit. Dikutip dari Healthline, sebuah studi menggarisbawahi pentingnya kiwi untuk sistem imun, apalagi untuk kelompok rentan seperti lansia dan anak-anak.

6. Turunkan berat badan
Serat pada kiwi dapat memberikan rasa kenyang cukup panjang. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi kiwi sekaligus bersama kulitnya. Kandungan serat pada kulit kiwi mencapai 50 persen dari total serat kiwi.