Pulau Sombori Perpaduan Keindahan antara Raja Ampat, Wakatobi, dan Bunaken.

0
962
image by: instagram.com/piian_brothers

Pulau Sombori adalah Pulau yang terletak di Desa Mbokitta, Kecamatan Menui, Morowali, Sulawesi Tengah, yang merupakan kawasan konservasi laut seluas 41.342 hektare.

Pulau yang alam bawah lautnya yang dapat memanjakan mata para penyelam. Di Sombori, Anda akan menemukan aneka warna dan bentuk karang, serta pasir putih terhampar sepanjang garis pantai. Bila beruntung, Anda bisa melihat kawanan lumba-lumba atau hiu paus yang sedang mengejar ikan.

“Kawasan wisata ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa dan jarang ditemui. Selain itu, pulau ini memiliki gugusan bukit karang seakan menyembul dari permukaan laut,” ujar Wakil Bupati Morowali, S.U. Marundtuh.

Menurut S.U. Marundtuh, Sombori memiliki perpaduan keindahan antara Raja Ampat, Wakatobi, dan Bunaken.

Pulau Sombori memang punya kemiripan dengan pulau eksotis di Raja Ampat Papua. Salah satunya adalah sama-sama dikelilingi oleh beberapa gugusan pulau-pulau kecil. Ada yang dihuni nelayan. Ada juga pulau tak berpenghuni.

Rumah Nenek menjadi salah satu spot foto yang populer

image : www.pikniknusantara.co.id/tour/sombori-labengki/#

Dinamai rumah nenek karena memang dihuni seorang diri oleh nenek-nenek. Namun rumah yang dibangun di atas air ini punya panorama air sebening kristal yang bikin gak sabar buat berenang di sini. Rumah tenang ini jadi salah satu spot instagram-able.

Pemandangan Spektakuler Dari atas Puncak Bukit Khayangan.

https://www.wisatakita.com/wisata/Sulawesi.Tengah/Morowali/Bukit.Puncak.Kayangan

Dari atas Puncak Bukit Khayangan kalian akan menemukan Raja Ampat-nya Sulawesi Tengah. Puncak Khayangan menjadi destinasi utama dari Pulau Sombori. Gugusan pulau karang dan warna airnya yang begitu eksotis akan mengingatkan kita dengan Raja Ampat.

Sombori dikenal dengan Phi Phi Island versi Indonesia

https://blog.reddoorz.com/2017/11/15/wisata-pulau-sombori/

Banyak yang mengatakan kalau keindahan wisata Pulau Sombori mirip dengan Phi Phi Island yang ada di Thailand. Pulau-pulau dengan tebing yang tinggi membuat tempat wisata di Sombori terlihat sangat mirip dengan Phi Phi Island. Berbentuk seperti teluk lengkap dengan hamparan pasir putihnya yang menakjubkan menjadikan Sombori semakin cantik. Anda bisa mengitari deretan pulau ini dengan menggunakan perahu atau ber-snorkeling di perairannya yang jernih.

Goa Berlian

Saat ke Sombori, jangan lupa untuk mengeksplorasi Gua Berlian. Dinamakan demikian karena tempat wisata Pulau Sombori ini memiliki stalaktit yang sangat berkilau mirip dengan berlian saat terkena cahaya. Pada siang atau pagi hari Anda akan melihat pemandangan indah saat matahari masuk ke dalam celah-celah lubang atau yang disebut dengan nama ray of light.

Selain Goa Berlian, ada satu goa lagi yang harus Anda kunjungi salama berkunjung ke Sombori yaitu Goa Tengkorak. Sesuai dengan namanya goa ini memiliki banyak tengkorak di dalamnya. Namun, hingga sekarang belum ada yang mengetahui dari mana asal dari tengkorak-tengkorak tersebut. Goa ini terletak di ketinggian 40 meter di atas permukaan laut.

Kolam dalam Goa di Pulau Khusino

Pulau Khusino menjadi salah satu pulau yang juga harus Anda kunjungi selama berwisata di pulau Sombori. Kondisi pulau Khusino tidak sepadat di Morewali, jadi suasananya pun tidak terlalu ramai. Untuk mengeksplorasi pulau ini Anda akan memasuki perkampungan Bajo terlebih dahulu. Ada dua spot utama yang bisa Anda kunjungi di Pulau Khusino diantaranya Goa Kolam dan Mercusuar. Setelah masuk ke dalam goa Anda akan melihat sebuah pemandangan yang menakjubkan yaitu  sebuah kolam di dalam goa. Anda bisa dengan bebas berenang di dalam goa tersebut.

Kawasan Sombori adalah “surga” bagi penikmat kegiatan bawah laut, Karena ribuan binatang laut telah siap menyambut. Tak perlu mencari terlalu jauh, karena terumbu karang sehat, akan menjadi pemandangan menakjubkan di depan mata. Kepulauan Labengki juga sama, akomodasi resort yang mewah hingga pantainya yang masih alami akan membuat kita betah berlama – lama disana.