Kota Tangerang Belajar Cyber Business Strategy Yang Diselenggarakan Kelompok Informasi Masyarakat UMKM

0
111
Dinas Kominfo Kota Tangerang, melalui Bidang Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik, terus berupaya menghadirkan solusi dan inovasi disetiap kegiatannya.

Di era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini, digital marketing adalah salah satu perkembangan teknologi yang tidak bisa diabaikan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mereka harus dapat mengambil peluang dan mampu mengais keuntungan dalam berwirausaha lewat dunia maya.

Seperti yang dilansir WWW.liputan6.com Dinas Kominfo Kota Tangerang, melalui Bidang Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik, terus berupaya menghadirkan solusi dan inovasi disetiap kegiatannya. Diantaranya dengan memberikan pelatihan serta pendampingan kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)/Komunitas UMKM yang ada di Kota Tangerang.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Syamsul Bahri, menuturkan, dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kualitas hidup masyarakat khususnya bagi KIM, tentu diperlukan kerjasama dan dukungan semua elemen masyarakat.

Pelatihan dengan bertajuk Cyber Business Strategy, yang turut menghadirkan narasumber pakar digital marketing, Otniel Kowandi. Di mana pelatihan dibagi empat gelombang. Pertama untuk wilayah Kecamatan Karawaci, Jatiuwung dan Cibodas. Kedua, wilayah Kecamatan Periuk, Benda, Neglasari. Ketiga, wilayah Kecamatan Karang Tengah, Ciledug, Larangan, Cipondoh. Keempat, wilayah Kecamatan Pinang, Batu Ceper dan Tangerang. Dengan total 1000 peserta.

Cyber Business Strategy, yang turut menghadirkan narasumber pakar digital marketing, Otniel Kowandi.

Menurut Syamsul, keberadaan KIM UMKM adalah sebuah potensi kota dan tentu perlu kita dukung. Diantaranya dengan memberikan dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap manfaat TIK dalam dunia usaha. “Melalui pelatihan berbasis digital, kita harapkan mereka semakin kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya,” ucapnya seraya menegaskan, namun yang tak kalah penting, bagaimana turut meningkatkan kemampuan mereka dalam memanfaatkan TIK secara positif.

Dengan konten yang diberikan dalam pelatihan, yang kemudian dilanjutkan dengan adanya pendampingan selama enam bulan yang bekerjasama dengan Universitas Bina Nusantara, diantaranya pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO) sebagai strategi pemasaran online, membuat Google My Business, berniaga dan branding melalui media online dan/atau media sosial, juga dibuatkan template web dan promosi via marketplace, diharapkan dapat turut memajukan dunia UMKM dan kesejahteraan masyarakat di Kota Tangerang.